Keharusan Memiliki Sanad Sebelum Berucap dan Beramal ?

Keharusan Memiliki Sanad Sebelum Berucap dan Beramal ?

Kebanyakan Ahli hadits yang nyata-nyata dalam keilmuan dan ketinggian sanad atau ijazahnya diakui oleh dunia, ternyata tidak se-lebay Jama’ah 354 dalam masalah ini. Bahkan sebagian ulama telah menukil adanya ijma (kesepakatan ulama) dalam masalah bolehnya beramal dengan sebuah kitab walaupun tidak memiliki sanad yang muntasil kepada penulisnya, selama kitab itu shahih dan diyakini kebenaran isinya kepada penulisnya.

Imam As-Sayuthi v (w. 911 H/ 1505 M) dalam Tadribur Rawi fi Syarah Taqrib An-Nawawi hal 75-76 mengatakan,

قَالَ ابْنُ بَرْهَانٍ فِي الْأَوْسَطِ ذَهَبَ الْفُقَهَاءُ كَافَّةً إلَى أَنَّهُ لَا يَتَوَقَّفُ الْعَمَلُ بِالْحَدِيثِ عَلَى سَمَاعِهِ بَلْ إذَا صَحَّ عِنْدَهُ النُّسْخَةُ جَازَ لَهُ الْعَمَلُ بِهَا وَإِنْ لَمْ يَسْمَعْ ، وَحَكَى الْأُسْتَاذُ أَبُو إِسْحَاقَ الْإسْفَرايِينِيّ الْإِجْمَاعَ عَلَى جَوَازِ النَّقْلِ مِنْ الْكُتُبِ الْمُعْتَمَدَةِ وَلَا يُشْتَرَطُ اتِّصَالُ السَّنَدِ إلَى مُصَنِّفِهَا وَذَلِكَ شَامِلٌ لِكُتُبِ الْأَحَادِيثِ وَالْفِقْهِ ، وَقَالَ الطَّبَرِيُّ مَنْ وَجَدَ حَدِيثًا فِي كِتَابٍ صَحِيحٍ جَازَ لَهُ أَنْ يَرْوِيَهُ وَيَحْتَجُّ بِهِ

“Berkata Ibn Barhan didalam kitab Al-Ausath: Ahli fiqh secara keseluruhan berpendapat bahwa mengamalkan hadits tidak hanya terbatas dengan mendengarkannya saja, bahkan jika teks hadits itu shahih menurutnya, maka boleh mengamalkan teks hadits itu walaupun tidak didengarkan. Ustadz Abu Ishaq Al-Asfarayaini menceritakan ijma atas bolehnya menukil dari beberapa kitab yang menjadi pegangan dan tidak diisyaratkan bahwa sanadnya harus bersambung dengan penulisnya, sama saja baik kitab-kitab hadits atau fiqh. Ath-Thabari berkata, “Barangsiapa yang mendapatkan suatu hadits didalam kitab shahih, maka ia boleh meriwayatkannya dan berhujjah dengannya”.

Syaikh Muhammad Jamaluddin Al-Qasimi v [1] ...continue

Ahlu Hadits dari Syam menyebutkan pula nukilan ijma ini dalam kitabnya Al-Mashu ’ala Al-Jaurabain hal 61. Kitab ini diberi muqadimah oleh Syaikh Ahmad Syakir v [2] ...continue dan dikomentari oleh Syaikh Al-Albani v.

Al-Hafizh Abu Bakar Ahmad bin Ali bin Tsabit bin Ahmad bin Mahdi Al-Khathib Al-Baghdadi (w. 463 H/ 1072 M) dalam Al-Kifayah fi Ilmu Riwayah (halaman 354 dan seterusnya –cet Maktabah Al-Ilmiyah), bahkan membuat suatu bab khusus yang beliau beri judul:Al-Qasimi v menyebutkannya pula dalam Qawa’id al-Tahdits hal 213.

ذِكْرُ بَعْضِ أَخْبَارِ مَنْ كَانَ مِنَ الْمُتَقَدِّمِينَ يَرْوِي عَنِ الصُّحُفِ وِجَادَةً مَا لَيْسَ بِسَمَاعٍ لَهُ وَلَا إِجَازَةٍ

“Sebagian Khabar menyebutkan bahwasanya ada diantara orang-orang terdahulu (ulama dulu) yang meriwayatkan dari lembaran yang mereka dapatkan bukan lewat pendengaran (sema’an) atau ijazah (izin meriwayatkan)”.

Kemudian beliau menyebutkan hadits-hadits [3] ...continue :

أَخْبَرَنَا الْحَسَنُ بْنُ أَبِي بَكْرِ بْنِ شَاذَانَ، أنا أَحْمَدُ بْنُ سَلْمَانَ الْفَقِيهُ النَّجَّادُ، ثنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثنا إِسْحَاقُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْفَرْوِيُّ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ , عَنْ نَافِعٍ , عَنِ ابْنِ عُمَرَ , أَنَّهُ وَجَدَ فِي قَائِمِ سَيْفِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ صَحِيفَةً فِيهَا: «لَيْسَ فِيمَا دُونَ خَمْسٍ مِنَ الْإِبِلِ صَدَقَةٌ , فَإِذَا كَانَتْ خَمْسًا فَفِيهَا شَاةٌ , وَفِي عَشْرٍ شَاتَانِ , وَفِي خَمْسَ عَشْرَةَ ثَلَاثُ شِيَاهٍ , وَفِي عِشْرِينَ أَرْبَعُ شِيَاهٍ , فَإِذَا بَلَغَتْ خَمْسًا وَعِشْرِينَ فَفِيهَا ابْنَةُ مَخَاضٍ , وَذَكَرَ الْحَدِيثَ بِطُولِهِ»

Mengkhabarkan kepada kami Al-Hasan ibn Abu Bakr ibn Syadzan, beliau berkata : mengkhabarkan kepada kami Ahmad ibn Sulaiman An-Najad Al-Faqihi, beliau berkata, menceritakan kepada kami Ismail ibn Ishaq, beliau berkata, menceritakan kepada kami Ishaq ibn Muhammad Al-Farawi, beliau berkata, menceritakan kepada kami Abdullah ibn Umar dari Nafi dari Ibn Umar. Sesungguhnya beliau mendapatkan pada gagang pedang peninggalan Umar ibn Khattab a sebuah lembaran (tertulis didalamnya): [4] ...continue [20] ...continue

“Tidak ada zakat di bawah lima unta, jika ada lima unta maka (zakatnya) satu kambing, pada sepuluh (zakatnya) dua kambing, pada lima belas (zakatnya) tiga kambing dan pada dua puluh (zakatnya) empat kambing.

Apabila sampai dua puluh lima maka (zakatnya) anak unta yang umurnya masuk dua tahun. – beliau menyebutkan hadis dengan panjang- .

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ، أنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ، ثنا يَعْقُوبُ بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنِي أَبُو بَكْرٍ الْحُمَيْدِيُّ، ثنا سُفْيَانُ، ثنا مُسَاوِرٌ يَعْنِي الْوَرَّاقَ , عَنْ أَخِيهِ سَيَّارٍ , قَالَ: قِيلَ لِلْحَسَنِ: يَا أَبَا سَعِيدٍ: ” عَمَّنْ هَذِهِ الْأَحَادِيثُ الَّتِي تُحَدِّثُنَا؟ قَالَ: صَحِيفَةٌ وَجَدْنَاهَا ”

Telah mengkhabarkan kepada kami Muhammad ibn Husain, mengkhabarkan kepada kami Abdulloh Ibn Ja’far, mencerita-kan kepada kami Ya’qub Ibn Sufyan [5] ...continue, menceritakan kepadaku Abu Bakr al-Humaidy, menceritakan kepada kami Sufyan, menceritakan  kepada kami Musawir yakni Al-Waroq [6] ...continue dari saudaranya Sayyar. [7] ...continue Beliau berkata: Dikatakan kepada Al-Hasan: ”Hai Abu Said, darimana hadits-hadits yang engkau riwayatkan ini?. Beliau menjawab: “Dari lembaran yang kami menemukannya“. [8] ...continue

أَخْبَرَنَا ابْنُ رِزْقٍ، أَخْبَرَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ، ثنا حَنْبَلُ بْنُ إِسْحَاقَ، ثنا عَلِيُّ يَعْنِي ابْنَ الْمَدِينِيِّ قَالَ: سَمِعْتُ يَحْيَى هُوَ ابْنُ سَعِيدٍ يَقُولُ: قَالَ التَّيْمِيُّ: ” ذَهَبُوا بِصَحِيفَةِ جَابِرٍ إِلَى الْحَسَنِ فَرَوَاهَا , أَوْ قَالَ: فَأَخَذَهَا , وَأَتَوْنِي بِهَا فَلَمْ أُرِدْهَا , قُلْتُ لِيَحْيَى: سَمِعْتَ هَذَا مِنَ التَّيْمِيِّ؟ فَقَالَ بِرَأْسِهِ , أَيْ نَعَمْ”

Mengabarkan  kepada kami ibn Rizq, mengabar-kan  kepada kami ‘Utsman ibn Ahmad, menceritakan kepadaku Hambal Ibn Ishaq menceritakan kepadaku ‘Ali yaitu Ibn Al Madini. Beliau berkata: ”Saya mendengar Yahya yaitu Ibn Said berkata: berkata al-Taimi : ”Mereka pergi membawa satu lembaran (milik) Jabir[9] ...continue kepada Al-Hasan lalu mereka melihatnya. Atau ia berkata: “Kemudian mereka mengambilnya dan memberikan-nya kepadaku walau pun aku tidak menghendakinya”. Aku (Ibn Al-Madini) berkata kepada Yahya: ”Engkau mendengar ini dari at-Taimi?”. Dia menjawab dengan kepalanya (mengangguk), yaitu benar (aku telah mendengarnya).”[10] ...continue

أَخْبَرَنِي ابْنُ الْفَضْلِ، أنا دَعْلَجٌ، أنا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْأَبَّارُ، ثنا الْحَسَنُ يَعْنِي ابْنَ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيَّ، ثنا عَفَّانُ , قَالَ: قَالَ لِي هَمَّامُ بْنُ يَحْيَى: «قَدِمَتْ أُمُّ سُلَيْمَانَ الْيَشْكُرِيِّ بِكِتَابِ سُلَيْمَانَ , فَقُرِئَ عَلَى ثَابِتٍ , وَقَتَادَةَ , وَأَبِي بِشْرٍ , وَالْحَسَنِ وَمُطَرِّفٍ , فَرَوَوْهَا كُلَّهَا، وَأَمَّا ثَابِتٌ فَرَوَى مِنْهَا حَدِيثًا وَاحِدًا»

Telah mengkhabarkan kepadaku Ibn Al Fadl, mengkhabarkan kepada kami Da’laj, mengkhabarkan kepada kami Ahmad ibn Ali al Abari, menceritakan kepada kami al-Hasan yakni Ibn Ali al-Hilwani, menceritakan kepada kami ‘Affan, beliau berkata: ”Berkata kepadaku Hammam ibn Yahya : “Ummu Sulaiman al-Yasykari datang membawa catatan Sulaiman. Lalu dibacakan kepada Tsabit, Qotadah, Abi Bisyr, al-Hasan dan Muthorif. Kemudian mereka melihat semua catatannya, sedangkan Tsabit (kemudian) meriwayatkan dari catatan itu sebuah hadits”.[21] ...continue

أَخْبَرَنَا أَبُو نُعَيْمٍ الْحَافِظُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْحَسَنِ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي شَيْبَةَ، ثنا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْمَدِينِيِّ , قَالَ: قَالَ يَحْيَى: رَأَيْتُ فِي كِتَابٍ عِنْدِي عَتِيقٍ لِسُفْيَانَ حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ ذَكْوَانَ أَبُو الزِّنَادِ، حَدَّثَنِي ابْنُ سَعِيدٍ، حَدَّثَنِي أَبُو صَالِحٍ مَوْلَى السَّفَّاحِ حَدِيثَ زَيْدٍ: «عَجِّلْ لِي وَأَضِعْ لَكَ» قَالَ هَذَا يَحْيَى مِنْ أَجْلِ تَوْصِيلِ إِسْنَادِهِ «حَدَّثَنِي» قَالَ: «حَدَّثَنِي»

Menceritakan kepada kami Abu Nu’aim Al-Hafidz, menceritakan kepada kami Muhammad ibn Ahmad ibn Al-Hasan, menceritakan kepada kami Muhammad Ibn ‘Utsman Ibn Abi Syaibah, menceritakan kepada kami ‘Ali ibn Abdillah al-Madini, beliau berkata: ”Berkata Yahya[11] ...continue : “Aku melihat dalam tulisan lama milik Sufyan[12] ...continue : menceritakan kepada ku Abdullah ibn Dzakwan Abu Zinad, menceritakan kepadaku Ibnu Sa’id, menceritakan kepadaku Abu Sholih Maula Al Saffah pada hadisnya Zaid: “Berilah tempo kepadaku aku titipkan kepadamu“. Lalu berkata: ”Ini Yahya sebab bersambung sanad haditsnya“. (maka katakan) “Menceritakan kepada ku”. Maka dia pun berkata: ”Menceritakan kepadaku.“

أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ الطَّنَاجِيرِيُّ، أنا عُمَرُ بْنُ أَحْمَدَ الْوَاعِظُ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍالْعَسْكَرِيُّ، ثنا جَعْفَرُ بْنُ أَبِي عُثْمَانَ , قَالَ: سَمِعْتُ عَلِيَّ بْنَ الْمَدِينِيِّ , يَقُولُ: «وَائِلُ بْنُ دَاوُدَ لَمْ يَسْمَعْ مِنِ ابْنِهِ , إِنَّمَا كَانَتْ لَهُ صَحِيفَةٌ فِي بَيْتِهِ»

Mengabarkan kepada kami al-Husain ibn Ali al-Thonajiry, mengkhabarkan kepada kami Umar ibn Ahmad al-Wa’idh, menceritakan kepada kami Muhammad ibn Ja’far al-‘Askary, menceritakan kepada kami Ja’far ibn Abi ‘Utsman. Beliau berkata: “Aku mendengar Ali al-Madaini berkata : “Wail ibn Daud tidak mendengar dari anaknya, sesungguhnya beliau mempunyai satu tulisan (anaknya) di rumahnya“.[13] ...continue

أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ الْأَكْبَرُ، أنا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَبَّاسِ الْخَزَّازُ، ثنا أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ السُّوسِيُّ، ثنا الْعَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ , قَالَ: سَمِعْتُ يَحْيَى بْنَ مَعِينٍ , يَقُولُ: ثنا وَكِيعٌ , قَالَ: سَمِعْتُ شُعْبَةَ , يَقُولُ: «حَدِيثُ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ , إِنَّمَا هِيَ صَحِيفَةٌ»

Mengkhabarkan kepada kami Muhammad ibn abdil Wahid al Akbari, mengkhabarkan kepada kami Muhammad Ibn Al-Abbas Al-Khozzazi, menceritakan  kepada kami Ahmad Ibn Said As-Sausy, menceritakan kepadaku Al-Abbas Ibn Muhammad. Beliau berkata: ”Aku mendengar Yahya Ibn Ma’in berkata:[14] ...continue ”Menceritakan kepada kami Waki’, beliau berkata: ”Aku mendengar Syu’bah berkata: ”Hadits Abi Sufyan dari Jabir adalah berasal dari lembaran“.[15] ...continue

أَخْبَرَنَا الْقَاضِي أَبُو الْعَلَاءِ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍّ الْوَاسِطِيُّ، أنا أَبُو مُسْلِمِ بْنُ مِهْرَانَ، أنا عَبْدُ الْمُؤْمِنِ بْنُ خَلَفٍ النَّسَفِيُّ , قَالَ: سَأَلْتُ أَبَا عَلِيٍّ صَالِحَ بْنَ مُحَمَّدٍ الْبَغْدَادِيَّ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ , فَقَالَ: «ثِقَةٌ , وَلَكِنَّ أَحَادِيثَهُ لَا أَدْرِي كَيْفَ هِيَ , وَأَحَادِيثُهُ صَحِيفَةٌ وَرِثُوهَا»

Mengkhabarkan kepada kami al-Qodhi Abu Al-A’lai Muhammad Ali Al-Washity, mengkhabarkan kepada kami Abu Muslim ibn Mahron, mengkhabarkan kepada kami Abdul Mu’min ibn Kholaf An-Nasafy, beliau berkata: ”Aku bertanya kepada Abu Shalih ibn Muhammad al-Baghdadi tentang Amru ibn Syu’aib. Beliau berkata: ”Terpercaya, tetapi hadits-haditsnya aku tidak mengetahui bagaimana keadaannya. Dan hadits-haditsnya berasal dari lembaran yang mereka wariskan“.[16] ...continue

أَخْبَرَنَا أَبُو عُمَرَ عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَهْدِيٍّ، أنا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ يَعْقُوبَ بْنِ شَيْبَةَ، ثنا جَدِّي قَالَ: سَمِعْتُ سُلَيْمَانَ بْنَ حَرْبٍ , ح وَأَخْبَرَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يَحْيَى السُّكَّرِيُّ، أنا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الشَّافِعِيُّ، ثنا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الْأَزْهَرِ، ثنا ابْنُ الْغَلَابِيِّ ـ وَاللَّفْظُ , لِحَدِيثِهِ ـ ثنا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، ثنا حَمَّادٌ , عَنْ قَبِيصَةَ بْنِ مَرْوَانَ بْنِ الْمُهَلَّبِ , عَنْ أَبِي عِمْرَانَ الْجَوْنِيِّ , قَالَ: «كُنَّا نَسْمَعُ بِالصَّحِيفَةِ فِيهَا عِلْمٌ فَنَنْتَابُهَا كَمَا يَنْتَابُ الرَّجُلُ الْفَقِيهَ حَتَّى قَدِمَ عَلَيْنَا هَاهُنَا آلُ الزُّبَيْرِ وَمَعَهُمْ قَوْمٌ فُقَهَاءُ»

Mengkhabarkan kepada kami Abu Umar Abdul Wahid bin Muhammad bin Abdullah bin Mahdi beliau berkata, Mengkhabarkan kepada kami Abu Bakar Muhammad bin Ahmad bin Ya’qub bin Syaibah, beliau berkata, menceritakan kepada kami Kakek ku. Beliau berkata, mendengar Sulaiman bin Harb. Melalui jalan lain, mengkhabarkan kepada saya Abdullah bin Yahya As-Sukri, beliau berkata, mengkhabarkan kepada kami Muhammad bin Abdullah Asy-Syafi’i, beliau berkata menceritakan kepada kami Ja’far bin Muhammad bin Al-‘Azhar, beliau berkata menceritakan kepada kami Ibn Al-Ghulaby dan lafazh dari haditsnya, beliau berkata menceritakan kepada kami Sulaiman bin Harb beliau berkata, menceritakan kepada kami Hammad[17] ...continue dari Qubaishoh bin Marwan bin Al-Mahalib[18] ...continue dari Abu Imron Al-Jauni yang berkata: “Adalah kami, jika mendengar tentang adanya sebuah lembaran yang terdapat padanya ilmu, maka kami pun silih berganti mendatanginya, seakan-akan kami mendatangi seorang ahli fiqih. Sampai kemudian keluarga az-Zubair datang kepada kami disini dan bersama mereka orang-orang faqih.”[19] ...continue

أَخْبَرَنَا ابْنُ الْفَضْلِ، أنا دَعْلَجٌ , أنا أَحْمَدُ بْنُ عَلِيٍّ الْأَبَّارُ، ثنا أَبُو عُبَيْدِ اللَّهِ ابْنُ أَخِي ابْنِ وَهْبٍ، ثنا عَمِّي، ثنا حَيْوَةُ بْنُ شُرَيْحٍ , عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ , قَالَ: ” أَوْدَعَنِي فُلَانٌ كِتَابًا ـ أَوْ كَلِمَةً تُشْبِهُ هَذِهِ ـ فَوَجَدْتُ فِيهِ عَنِ الْأَعْرَجِ قَالَ: وَكَانَ يُحَدِّثُنَا بِأَشْيَاءَ مِمَّا فِي الْكِتَابِ وَلَا يَقُولُ: أَخْبَرَنَا وَلَا حَدَّثَنَا ”

Mengkhabarkan kepada kami Ibn Al Fadl, Mengkhabarkan kepada kami Da’laj, Mengkhabarkan kepada kami Ahmad ibn Ali al-A’bari, Menceritakan kepada kami Abu ‘Ubaidillah ibn Akhi ibn Wahb, menceritakan kepada kami pamanku, Menceritakan kepada kami Haiwah Ibn Syuraih dari Yazid ibn Abi Hubaib, beliau berkata: ”Seseorang menitipkan buku kepadaku- atau kalimat yang serupa dengan ini – aku mendapati didalamnya dari ‘Aroj”. Beliau berkata : ”Jika kami menceritakan sesuatu yang ada dalam kitab”, kami tidak berkata : ”Kami mengabarkan” dan tidak pula “Kami menceritakan “  (selesai dari al-Khatib v).[]

Catatan Kaki   [ + ]

1. Beliau adalah Jamaluddin atau Muhammad Jamaluddin bin Muhammad Said bin Qasim. Ahli Hadits Syam di Zamannya. Meninggal tahun 1332 H/ 1914 M.

Lihat biografi beliau dalam kitab : Syaikhul Syam Jamaluddin Al-Qasimi karya Syaikh Mahmud Mahdi al-Istambuli. Jamaluddin Al-Qasimi Ahda Ulama’ al-Ishlahul Hadits Fi Syam karya Dr. Nazhar Abathoh dan lainnya.

Lihat biografi beliau dalam kitab : Shubhul Safir fi Hayat Al-Allamah Ahmad Syakir karya Rajab bin Abdul Maqshud.

2. Beliau adalah Ahmad Ibn Muhammad Syakir Ibn Ahmad Ibn ‘Abdil-Qadir. Ahli Hadits Mesir pada zamannya. Lahir pada tahun 1309 H /1892 M dan meninggal di Mesir tahun 1377 H /1958 M.
3. Penulis akan memberi keterangan dan catatan kaki semampunya.
4. Semisal atsar ini juga dinukil dari perbuatan Abu Bakar, Umar, Ali dan Aisyah.

Pertama, dari perbuatan Abu Bakar a dan Umar a. Dikeluarkan oleh Abdurrazaq (no. 9887, 9905, 9963, 9977, 9997), Abu Dawud (no. 1568), Tirmidzi (no. 621) dan Ahmad (no. 4632),

عَنْ سَالِمٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ كَتَبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كِتَابَ الصَّدَقَةِ فَلَمْ يُخْرِجْهُ إِلَى عُمَّالِهِ حَتَّى قُبِضَ فَقَرَنَهُ بِسَيْفِهِ فَعَمِلَ بِهِ أَبُو بَكْرٍ حَتَّى قُبِضَ ثُمَّ عَمِلَ بِهِ عُمَرُ حَتَّى قُبِضَ فَكَانَ فِيهِ

Dari Salim dari ayahnya, ia berkata; Rasulullah n telah menulis catatan mengenai zakat dan beliau tidak mengeluarkannya kepada para pegawainya hingga beliau meninggal. Beliau menyimpan catatan itu pada pedangnya. Kemudian beramal dengan catatan itu Abu Bakr hingga ia meninggal, kemudian dilaksanakan oleh Umar hingga ia meninggal. Catatan tersebut berisi  …. (ini lafazh Abu Dawud).

Dengan lafazh ini juga dalam Al-Amali karya Ibnu Janzawaih (no. 1392), Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (no. 1443), dan Baihaqi (no. 7252).

5. Atsar ini dikeluarkan oleh Yaqub bin Sufyan Al-Fasawi dalam Al-Ma’rifah wal Tarikh (2/45 – cet Mu’asasah Ar-Risalah).
6. Beliau ini tsiqah, rijal Muslim, Disebutkan biografinya oleh Bukhori dalam Tarikh Al-Kabir (no. 1835), Ibnu Hibban dalam Ats-Tsiqat (7/502 no. 11178), Al-Mizzi dalam Tahdzib Al-Kamal (27/426) no. 5889 dan lainnya.
7. Beliau ini tsiqah, tsabat, meriwayatkan darinya jama’ah. Disebutkan biografinya oleh Bukhori dalam Tarikh Al-Kabir (no. 2333), Ibnu Hibban dalam Ats-Tsiqat (6/421 no. 8387), Al-Mizzi dalam Tahdzib Al-Kamal (12/313) no. 2670 dan lainnya.
8. Atsar ini shahih kepada Al-Hasan.
9. Kitab Jabir ini dimiliki oleh Sulaiman Al-Yasykari sebagaimana datang penjelasannya dari Imam Tirmidzi didepan.
10. Atsar ini shahih kepada Sulaiman at-Taimi, disebutkan pula oleh Tirmidzi dalam Sunannya (no. 1312), beliau berkata:

يَقُولُ سُلَيْمَانُ الْيَشْكُرِيُّ يُقَالُ إِنَّهُ مَاتَ فِي حَيَاةِ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ وَلَمْ يَسْمَعْ مِنْهُ قَتَادَةُ وَلَا أَبُو بِشْرٍ قَالَ مُحَمَّدٌ وَلَا نَعْرِفُ لِأَحَدٍ مِنْهُمْ سَمَاعًا مِنْ سُلَيْمَانَ الْيَشْكُرِيِّ إِلَّا أَنْ يَكُونَ عَمْرُو بْنُ دِينَارٍ فَلَعَلَّهُ سَمِعَ مِنْهُ فِي حَيَاةِ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ وَإِنَّمَا يُحَدِّثُ قَتَادَةُ عَنْ صَحِيفَةِ سُلَيْمَانَ الْيَشْكُرِيِّ وَكَانَ لَهُ كِتَابٌ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ الْعَطَّارُ عَبْدُ الْقُدُّوسِ قَالَ قَالَ عَلِيُّ بْنُ الْمَدِينِيِّ قَالَ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ قَالَ سُلَيْمَانُ التَّيْمِيُّ ذَهَبُوا بِصَحِيفَةِ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ إِلَى الْحَسَنِ الْبَصْرِيِّ فَأَخَذَهَا أَوْ قَالَ فَرَوَاهَا وَذَهَبُوا بِهَا إِلَى قَتَادَةَ فَرَوَاهَا وَأَتَوْنِي بِهَا فَلَمْ أَرْوِهَا يَقُولُ رَدَدْتُهَا

“Tentang Sulaiman Al-Yasykari; Dikatakan bahwa ia meninggal pada saat Jabir bin Abdullah masih hidup, ia mengatakan; Qatadah tidak mendengar darinya demikian pula Abu Bisyr, Muhammad berkata; Kami tidak mengetahui seorang pun mendengar dari Sulaiman Al Yasykari kecuali Amr bin Dinar, semoga ia mendengar darinya pada saat Jabir bin Abdullah masih hidup, ia berkata; Qatadah menyampaikan hadits hanya dari buku Sulaiman Al Yasykari dan ia memiliki kitab dari Jabir bin Abdullah. Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr Al ‘Athar Abdul Quddus ia berkata; Ali bin Al Madini berkata; Yahya bin Sa’id berkata; Sulaiman At Taimi berkata, “Mereka membawa buku Jabir bin Abdullah kepada Al Hasan Al Bashri lalu ia mengambilnya, atau ia katakan; Lalu ia meriwayatkan-nya. Mereka juga membawa kitab itu kepada Qatadah, ia pun meriwayatkannya dan mereka membawakan kepadaku namun aku tidak meriwayatkannya, ia mengatakan; Aku mengembalikannya”.

Diriwayatkan pula oleh Ibn al-Ja’di dalam Musnad (no. 1312), disebutkan pula dalam Tahdzib Al-Kamal karya Al-Mizzi (12/9) dan Tahdzib At-Tahdzib karya Ibnu Hajar (4/202). 

11. Yahya bin Sa’id Al-Qathan.
12. Sufyan Ats-Tsauri.
13. Atsar ini shahih kepada Ali Al-Madini, dikeluarkan pula oleh Ya’qub Al-Fasawi dalam Al-Ma’rifah (2/143), darinya dinukil oleh al-Mizzi dalam Tahdzib Al-Kamal (30/422) dan Ibnu Hajar dalam Tahdzib At-Tahdzib (11/110). Adapun lafazhnya :

وَائِلُ بْنُ دَاوُدَ لَمْ يَسْمَعْ مِنْ أَبِيهِ شَيْئًا إِنَّمَا نَظَرَ فِي كِتَابِهِ حَدِيثَ الْوَلِيمَةِ

“Wail bin Daud tidak mendengar dari anaknya sedikit pun, dia hanya melihat pada kitab anaknya itu hadits tentang walimah”.

14. Dalam Tarikh Ibnu Mu’in (4/293 no. 4458 – riwayat Ad-Duri).
15. Atsar ini shahih kepada Syu’bah, disebutkan pula dalam Tarikh Ibnu Abi Khaitsamah (2/94 no. 1883), Ibnu Abi Hatim dalam Jarh wa Ta’dil (1/46 –cet Darul Ihya at-Turot), Ibnu Adi dalam Al-Kamil (5/181), Al-Mizzi dalam Tahdzib Al-Kamal (13/440), Adz-Dzahabi dalam Al-Mizan (2/342), Ibnu Hajar dalam Tahdzib At-Tahdzib (5/27) dan lainnya.
16. Dalam Tarikh Ibnu Abi Khaitsamah (no. 2673), disebutkan,

وَسَمِعْتُ هارون بن مَعْروف يقول: عَمْرو بن شُعَيْب لم يسمع من أبيه شيئا إنما وجده في كتاب أبيه.

“Aku mendengar Harun bin Ma’ruf berkata, “Amru bin Syu’aib tidak mendengar dari bapaknya sesuatupun, apa-apa yang ia riwayatkan berasal dari yang ia temukan dalam kitab bapaknya”.

Beliau adalah Amru bin Syu’aib bin Muhammad bin Abdullah bin Amru bin Ash, mewarisi sebuah kitab dari bapaknya dari kakeknya Abdullah bin Amru bin Ash seorang Shahabat yang menulis hadits Rasulullah n.

17. Yaitu Hammad bin Zaid
18. Qubaishoh ini tsiqah sebagaimana dikatakan ibnu Mu’in (Jarh wa Ta’dil  7/126 no. 718).
19. Atsar ini shahih kepada Abu Imron Al-Jauni.
20. Kedua, dari Aisyah a. Dikeluarkan oleh Al-Mawardzi dalam As-Sunnah (no. 282 – Tahqiq Salim Ahmad As-Salafi), Abu Ya’la (8/198-199) no. 4757, Ath-Thabari dalam Tahdzib Al-Atsar (3/200 no. 331 –Tahqiq Ahmad Syakir), Ad-Daruquthni dalam Sunan (no. 3249), Al-Hakim dalam Al-Mustadrak (no. 8024), dan Baihaqi (no. 15896, 15915), Aisyah a berkata,

وُجِدَ فِي قَائِمِ سَيْفِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كِتَابَانِ فِي أَحَدِهِمَا

“Aku menemukan dalam gagang pedang Rasulullah n dua buah surat dalam salah satu dari keduanya (tertulis)…” (ini lafazh Al-Mawardzi).

Al-Hakim berkata, “Hadits ini shahih isnadnya dan mereka tidak mengeluarkannya”, Adz-Dzahabi berkata, “Shahih”. Disebutkan Al-Haitsami dalam Majma az-Zawaid (6/295), “Diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan rijalnya shahih selain Malik bin Abi Ar-Rojul dan sungguh dia ditsiqahkan oleh Ibnu Hibban dan tidak didhaifkan oleh seorang pun”.

21. Ini memperkuat atsar sebelumnya.
No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>